Kurikulum

Kurikulum & Pembelajaran

Kurikulum Dasar

Sekolah Islam Terpadu (SIT) AZKIA mengimplementasikan konsep pendidikan Islam berlandaskan al-Quran dan As-Sunnah serta dilandasi oleh Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Konsep operasional SIT AZKIA merupakan akumulasi dari proses pembudayaan, pewarisan dan pengembangan ajaran agama Islam, budaya dan peradaban Islam dari generasi ke generasi.

Dalam aplikasinya, SIT AZKIA menerapkan pendekatan penyelenggaraan dengan memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama menjadi satu jalinan kurikulum. Dengan pendekatan ini, semua mata pelajaran dan semua kegiatan sekolah tidak lepas dari bingkai ajaran dan pesan nilai Islam.

Program Pembangunan Karakter

Program Utama yaitu Program Pembelajaran Al Qur’an metode Qira’ati, Sholat Wajib berjama’ah di masjid, Tahfidz Al Qur’an dan do’a harian.

Ekstra Kurikuler yaitu Pramuka (WAJIB), Tari daerah, Futsal, Robotic, English Club, Pencak Silat.


Standar Kompetensi Lulusan SIT AZKIA

Membina karakter kepada   peserta didik secara bertahap menuju terbentuknya generasi pemimpin yang cerdas dan taqwa.  Karakter utama peserta didik yaitu:

  1. Memiliki Aqidah yang lurus: meyakini Allah SWT. sebagai pencipta, pemilik, pemelihara dan penguasa alam semesta.
  2. Melakukan ibadah yang benar: terbiasa dan gemar melaksanakan ibadah sesuai petunjuk Al-Quran dan as-Sunnah.
  3. Berkepribadian matang dan Akhlak Mulia: menampilkan perilaku yang santun, tertib, disiplin, sabar, gigih dan pemberani dalam menghadapi permasalahan hidup sehari-hari.
  4. Memiliki kemampuan membaca, menghafal dan memahami al-Quran dengan baik.
  5. Memiliki wawasan yang luas: memiliki kemampuan berpikir kritis, logis, sistematis dan kreatif yang menjadikan dirinya berpengetahuan luas dan menguasai kompetensi akademik dengan baik dan cermat serta cerdik dalam mengatasi segala masalah yang dihadapi.
  6. Memiliki keterampilan hidup (life skill): memiliki badan dan jiwa yang sehat dan bugar, stamina dan daya tahan tubuh yang kuat, peduli kepada sesama dan lingkungan serta memiliki kepekaan untuk membantu orang lain, tertib dalam menata segala pekerjaan, tugas dan kewajiban.

Konsep Pembelajaran

  1. menerapkan pembelajaran yang efektif dengan memperkaya dan meluaskan sumber belajar,  meningkatkan  Interaksi yang  stimulatif  melalui pendekatan dan metode yang  menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah ( Problem based learning) dan dilakukan dalam pendekatan kolaboratif dan kooperatif ( cooperative dan collaborative learning),
  2. Mengembangkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik,  belajar dengan melakukan, mengembangkan kemampuan sosial, mengembangkan keingintauan,imajinasi dan fitrah bertuhan, mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, mengembangkan kreatifitas peserta didik, mnegembangkan kemampuan,menggunakan ilmu dan teknologi, menumbuhkan kesadaran sebagai warga negara yang baik,belajar sepanjang hayat, perpaduan kompetensi, kerjasama dan solidaritas.